Tuesday, 20 February 2018

Strategi Khusus Mengajar TPQ


      Strategi Mengajar Secara Khusus (Detail)
Agar kegiatan belajar mengajar Al-qur’an dapat berjalan dengan baik sehingga tercapai keberhasilan yang maksimal maka perlu diperhatikan syarat-syarat sebagai berikut :
1.         Guru harus menekan kelas, dengan memberi pandangan menyeluruh terhadap semua santri sampai semuanya tenang, kemudian mengucapkan salam dan membaca do’a iftitah.
2.         Pelaksanaan pelajaran selama satu jam ditambah 15 menit untuk variasi (do’a-do’a harian, bacaan sholat, do’a ikhtitam atau hafalan-hafalan lainnya). Bila waktu cukup
3.         Usahakan setiap anak mendapat kesempatan membaca satu persatu.
4.         Wawasan dan kecakapan anak harus senantiasa dikembangkan dengan sarana dan prasarana yang ada.
5.         Perhatian guru hendaknya menyeluruh, baik pada anak yang maju membaca maupun yang lainnya.
6.         Penghayatan terhadap jiwa dan karakter anak sangat penting agar anak tertarik dan bersemangat untuk memperhatikan pelajaran. Jika ada yang diam terus dan tidak mau membaca maka guru harus tetap membujuknya dengan sedikit pujian.
7.         Motivasi berupa himbauan dan pujian sangat penting bagi anak, terutama anak Pra TK. Anak jangan selalu dimarahi, diancam atau ditakut-takuti. Tapi kadang kala perlu dipuji dengan kata-kata manis, didekati serta ucapan dan pendapatnya ditanggapi dengan baik.
8.         Guru senantiasa menanti kritik yang sifatnya membangun demi meningkatkan mutu TKQ. Jangan cepat merasa puas.
9.         Jaga mutu pendidikan dengan melatih anak semaksimal mungkin.
10.     Idealnya untuk masing-masing kelas/jilid terdiri dari :
11.     Pra Taman Kanak-kanak :  10 anak
12.     Jilid  I                               :  15 anak
13.     Jilid II – Al-Qur’an          :  20 anak Masing-masing dengan seorang guru.
14.     Agar lebih mudah dalam mengajar, sebaiknya disediakan alat –alat peraga dan administrasi belajar mengajar di dalam kelas, antara lain : Buku Data Siswa, Buku Absensi Siswa, Kartu/Catatan Prestasi Siswa (dipegang siswa), dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment